Kecil sudah berbudi


Tadi siang, Sayyid yang masih duduk di kelas X di sebuah pesantren di Anyer, dimintai bantuan oleh teman sekelasnya dalam pelajaran Fisika. Ada tugas yang tidak dia pahami. Kami tinggal di Karawang dan si teman tinggal di Tangerang Selatan.
Memang selama pandemi covid ini, pembelajaran mandiri secara daring ini membuat anak-anak mengalami sedikit kesulitan dalam menguasai materi. Karena tidak bertatap muka langsung dengan guru.
Sayyidpun membantu. Lewat komunikasi via wa, akhirnya ia berhasil mengerjakan tugas Fisika tersebut.
Taunya sore ini, datang kurir dari resto McD Karawang mengantarkan segelas es krim McFlurry buat Sayyid.
Ternyata si teman ini memesankan es krim tersebut lewat hotline McD buat Sayyid sebagai ucapan terima kasih krn sdh di bantu. Dan resto McD Karawang mengantarkan es krim tersebut ke rumah.
Sayyid kaget tapi gembira. Saya terpesona. Seorang ABG 16 tahun, sungguh pandai berterima kasih. Sungguh berbudi.
Betapa banyaknya kita yg mengaku sudah dewasa, berpendidikan, abai dengan hal yg mungkin terasa kecil ini. Sudah dibantu, jangankan membalas dengan sesuatu, mengucapkan terima kasih pun lupa.
Ketika kepepet, dipinjami uang, begitu sdh lega, lupa bayar hutang. Begitu ditagih, galakan dia.
Bertanya sesuatu masalah lewat wa. Setelah dijawab hingga beberapa kali berbalas wa, setelah paham, langsung hening. Tak ada ucapan terima kasih sekali pun.
Yang membantu, mungkin tidak mengharapkan balasan. Juga terima kasih. Tapi yang meminta pertolongan hendaklah memakai adab.
Karena sesungguhnya mengucapkan terima kasih itu adalah wujud syukur kepada Allah. Sebagaimana hadits Rasulullah,
"Siapa yang tidak pandai bersyukur (berterima kasih) kepada manusia berarti ia belum bersyukur kepada Allah". (HR. Tirmidzi no 1877)
Mengucapkan terima kasih kepada seseorang (apapun tindakan positif yg ia lakukan) akan memotivasi seseorang untuk berbuat kebaikan yg lebih banyak.
Mau bukti? 😀😀
Ketika Sayyid dapat kiriman es krim dari temannya, ia merasa g tega makan sendiri. Akhirnya ia pesan lagi 5 buah es krim McFlurry buat kami sekeluarga pake uangnya sendiri. THR masih nyisa. 😋😋
Alhamdulillah....
Ucapan terima kasih atas kebaikan kecil ternyata mengundang kebaikan lainnya. 😊😊
Tulisan ini nasehat buat diriku.
Karawang, 11 Juni 2020

Tulisan ini diunggah di grup Komunitas Menulis tanggal 11 Juni 2020
Dan direspon oleh 106 orang dan 2 komentar serta 3 kali dibagikan

0 comments:

Post a Comment

Blog Archive

Powered by Blogger.