Part #3. Desa Terindah di Dunia


Alam Minangkabau yang tersusun atas gunung, bukit, lembah, danau dan pantai, memang menawarkan pemandangan alam yang indah. Tak bosan menjelajahinya serta ditunjang oleh makanannya yang lezat, yang sudah terkenal seantero dunia.
Tahukah sanak sadonyo, kalau desa terindah di dunia itu ada di Sumatera Barat, tepatnya di Nagari Tuo Pariangan, di Kabupaten Tanah Datar?


Nagari Tuo Pariangan yang terletak di lereng gunung Merapi yang sejuk ini dinobatkan sebagai salah satu dari 5 desa terindah di dunia oleh sebuah majalah pariwasata Amerika Serikat, Travel Budget, tahun 2012, bersanding dengan keindahan Desa Wengen dari Swiss, Desa Eze dari Prancis, Niagara on The Lake di Kanada, serta Desa Cesky Krumlov dari Republik Ceko.
Keindahan alam Nagari Pariangan ini memang mengundang decak kagum. Desa yang terjaga keaslian dan keasriannya, rumah gadang-rumah gadang yang berumur ratusan tahun, sawah yang bertingkat-tingkat, di pagari pegunungan, udara yang sejuk, air yang jernih dan dingin, membuat nyaman dan betah. Di sini juga terdapat masjid, yang konon tertua di Ranah Minang. Karena hujan, kami tak sempat mampir ke masjid yang tetap kokoh berdiri selama ratusan tahun ini.


Nagari Tuo Pariangan dari dahulu sudah sering di kunjungi turis mancanegara. Sedangkan turis lokal baru berkunjung setelah mengetahui nagari Pariangan ini dinobatkan sebagai desa terindah di dunia. Biasaaahh….kita selalu telat.🤣🤣🤣
Tapi sesungguhnya, tak hanya Nagari Pariangan saja yang indah di Ranah Minang ini. Semua tempat memberikan keindahan alami yang memanjakan mata dan menyejukkan hati.
Beberapa spot foto ini saya ambil di Nagari Tuo Pariangan, kecamatan Pariangan, Lawang Bukittinggi, dan Kampung Galapuang, Pariaman.











0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.