Part #2. Masjid Modern Nan Megah


Lebaran tahun ini, 2017, tentu tak hanya masjid tua nan bersejarah saja yang kami kunjungi. Masjid modern dengan arsitektur yang megah dan rumit juga kami kunjungi untuk memperkaya khazanah anak-anak. Salah satunya Masjid Raya Sumatera Barat.

Masjid Raya Sumatera Barat merupakan masjid terbesar di Sumatera Barat. Dengan menempati lahan seluas 40.343 meter persegi dan dengan desain yang modern dan megah, membuat masjid ini menjadi ikon baru kota Padang. Setiap pendatang maupun yang baru pulang merantau, berusaha menyempatkan diri untuk mendatangi masjid ini.



Rancangan masjid Raya Sumatera Barat  ini dikerjakan oleh arsitek Rizal Muslimin yang merupakan pemenang sayembara desain masjid Raya Sumatera Barat tahun 2007 yang diikuiti oleh 323 arsitek. Konstruksi bangunan dirancang menyikapi kondisi geografis Sumatera Barat yang beberapa kali diguncang gempa berkekuatan besar. Peletakan batu pertamanya sebagai tanda dimulainya pembangunan dilakukan pada tanggal 21 Desember 2007 oleh Gubernur Sumatera Barat ketika itu, Gamawan Fauzi.


Masjid Raya Sumatera Barat menampilkan arsitektur modern yang tak identik dengan kubah. Atap bangunan menggambarkan bentuk bentangan kain. Yang merujuk kepada histori Rasulullah ketika menyelesaikan perselisihan empat kabilah Bani Quraisy ketika hendak memindahkan batu Hajar Aswat ke tempat semula setelah Ka’bah direnovasi.


Pembangunan masjid ini dikerjakan secara bertahap karena keterbatasana anggaran dari propinsi. Dan sempat terhenti ketika tahun 2013 karena ketiadaan anggaran dari provinsi. Dan ketika terjadi gempa dahsyat tahun 2009, bantuan dari Arab Saudi senilai 90 juta dollar Amerika untuk pembangunan masjid ini,  dialihkan untuk keperluan rehabilitasi dan rekonstruksi pasca gempa.

Alhamdulillah,  saat ini pembangunan sudah mendekati tahap akhir.




0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.