Rahasia Sukses



Malam ini dapat telepon dari si gadis. Jadwal meneleponnya memang 1x seminggu di hari Sabtu.. Walau sudah berharap sedari siang, ternyata telepon yang ditunggu baru datang jam 9 malam. Tak apa-apalah. Tunai juga pengharapan. 
Kali ini dia bercerita, bahwa ia diminta gurunya untuk memberi motivasi kepada seluruh anggota asrama putri setelah sholat Maghrib. Diminta pun mendadak menjelang maghrib. Tanpa persiapan. Sebenarnya ini memang program rutin untuk siswi kls 12. Semua mendapat giliran.
"Awalnya muthi agak gemetar, lama-lama lancar dan akhirnya ngalir. Teman-temanpun awalnya biasa aja. Setelah itu hening. Mereka mendengarkan dengan khusyu dan akhirnya mereka semua bertepuk tangan meriah. Mereka bilang muthi good motivator, bu. Sampai besok pagi, mereka masih memperbincangkan cerita motivasi Muthi. Bahkan ada yang bilang, Muth, lu jadi motivator pribadi gua aja ya? Tiap pagi kasih gua kalimat motivasi".
Emakpun penasaran, tentang apa sih?
Si gadispun bercerita,
"kalian mungkin pernah merasa ada orang yang sepertinya sempurna banget. Cantik, pintar, selalu juara kelas, pandai berorganisasi, hafalan Qur'an banyak, sering memenangkan lomba, sementara effort yang diberikannya tidak seberapa. Kita belajar, dia tidur. Kita sibuk ngafalin Qur'an, dia santai-santai.
Sementara kita, semua usaha sudah dikerahkan. Tetap aja, nilai standar, berorganisasi nggak bisa, hafalan Qur'an nggak banyak, boro-boro menang lomba, terpilih ikut lomba aja tidak pernah.
Jangan iri. Kita tidak tahu, seperti apa effort yg sudah dia keluarkan tanpa sepengetahuan kita. Mungkin dia bangun tengah malam, sementara kita tidur. Atau bisa jadi dia punya amal andalan yg membuat Allah memudahkan banyak hal untuk dia.
Ada seorang guru namanya pak Teguh. Waktu beliau kuliah di Sudan, setiap pagi beliau selalu menyiram WC yg masih ada pupnya. Entah siapa yg buang hajat tak pernah menyiram. Pak Teguh menyiramnya setiap pagi dengan niat agar orang yg memakai WC tersebut menjadi nyaman. Itu dilakukannya setiap hari selama kuliah di Sudan.
Suatu hari ketika ujian, ada satu mata pelajaran yang sulit, yang orang jarang lulus. Pak Teguh pun belajarnya tidak sungguh-sungguh karena memang sulit. Ternyata di saat temannya banyak yang tidak lulus, pak Teguh justru lulus dengan nilai yang sangat memuaskan. Sampai banyak temannya yang heran.
Pernah dengar kapasitas gagal tidak? Setiap orang memiliki kapasitas gagal. Semakin banyak kita gagal dan semakin banyak kita belajar, maka kapasitas gagal kita semakin berkurang. Akhirnya suksespun akan datang. Jadi jangan takut gagal. Gagal? Belajar lagi. Gagal lagi, belajar lagi.
Dan setiap orang punya waktu suksesnya sendiri-sendiri. Ada suksesnya di waktu muda. Masih muda sudah sukses dan kaya. Ada orang yang sukses setelah agak berumur. Seperti Jack Ma. Dia memulai karier dari guru. Setelah berusia di atas 30-an baru memulai usaha. Dan sukses di usia 45 tahun. Ada yang sukses di usia tua, yaitu kolonel Sanders pemilik resep ayam Fried Chicken. Beliau sukses di usia 70 tahun setelah punya cucu.
Jadi kalau saat ini belum sukses, belum pernah menang lomba, tetap berusaha. Kita tidak tahu takdir sukses kita itu kapan. Biar Allah yang menentukan
Yang penting barengi usaha dengan satu amalan khusus yg dawam (rutin). Bisa sholat dhuha, atau sholat tahajud. Tapi ada satu amalan yang sangat dicintai Allah yaitu sedekah. Sedekah ini, balasannya langsung diberikan Allah. Lakukan secara rutin. Biar hanya 500 rupiah atau 1000 rupiah tapi dawam setiap hari, itu lebih dicintai Allah, dari pada sedekah 300 rb tapi sekali sebulan. Allah melihat keistiqomahan kita, bukan nominal yang kita keluarkan".
Hmmm... Sepertinya tidak hanya temannya saja yang tercerahkan. Saya pun juga.
Terima kasih nak sayang. Telepon hari ini amat sangat bergizi bagi jiwa ibu. 

Karawang, 8 September 2019.


******

Sebagian tanggapan teman-teman di FB

Linda Gustina Maasyaa Allah... 
Banyak bener isi kepala muthi, sampai bisa ngaliiirr aja, lancar... 

Semoga jadi amalan jariyah, membawa kebaikan utk diri sendiri dan org banyak.. 
Barakallaahufiiha


Dhona Riezkanisa Mendekati ujung cerita pandangan kabur dan ada aliran sungai dimata. #meleleh

Yulia Wijaya Barokallah kak Muthi.. Jdi pengen tau lebih dekat siapa itu kak Muthi..

Annata Syahidah Barakallah kk Muthi....superr sekali. Sampai tharu baca nya, rasa nya pengen ada di tmp ketika kk muthi myampaikan motivasi...ikut duduk di antara barisan pdengar. Myimak lgsg motivasi dr ka muthi







0 comments:

Post a Comment

Powered by Blogger.